10 Fakta Menakjubkan yang Perlu Anda Ketahui Tentang Ferrari

Pada tahun 1947, mobil balap Ferrari pertama kali diproduksi. Didirikan oleh pembalap mobil Italia Enzo Ferrari, perusahaan ini telah menjadi salah satu produsen mobil kelas atas terkemuka di dunia. Saat ini, Ferrari adalah merek paling kuat di dunia menurut Brand Finance . Mobil termahal yang pernah dijual adalah Ferrari 250 GTO tahun 1962, yang dibeli seharga $35 juta oleh Craig McCaw pada tahun 2012. Namun untuk mencapai posisi yang dibanggakan ini bukanlah perjalanan yang mudah bagi Ferrari. Berikut adalah 10 fakta menakjubkan yang mungkin belum Anda ketahui tentang Ferrari.

10. Warna Merah Bukan Ide Perusahaan

Hari ini Anda dapat membeli Ferrari dalam beberapa warna berbeda, seperti kuning cerah, hitam, dan abu-abu metalik. Masih belum ada banyak pilihan warna untuk dipilih. Dan, tentu saja, warna paling ikonik untuk sebuah Ferrari adalah tetap merah. Faktanya, sebagian besar kolektor fanatik merasa bahwa satu-satunya warna sejati untuk mesin ikonik seperti Ferrari adalah merah merek dagang mereka. Warna lain adalah penistaan. Saat ini, 45 persen Ferrari yang terjual berwarna merah. Apa yang mungkin tidak Anda ketahui adalah bahwa pada awalnya semua Ferrari dibuat dengan warna merah. Tidak ada pilihan warna lain pada awalnya. Nama resmi untuk cat merah adalah “Rosso Scuderia.” Dan sementara warna merah mungkin identik dengan merek Ferrari akhir-akhir ini, itu tidak pernah menjadi skema pemasaran yang brilian atau apa pun. Merah kebetulan menjadi warna yang ditetapkan oleh Federasi Otomotif Internasional untuk semua mobil balap grand prix Italia di tahun-tahun awal balap mobil. Jadi pada dasarnya fakta bahwa Ferrari memproduksi mobil balap Italia menentukan bahwa mereka dicat merah, dan sisanya adalah sejarah.

9. Merchandise Ferrari adalah Bisnis Besar

Ferrari telah menjadi merek internasional dan simbol kekayaan dan prestise global, sehingga pemasaran dan merchandising nama dan logo perusahaan telah berubah menjadi bisnis besar. Setiap tahun, Ferrari menjual sekitar $1,5 miliar barang dagangan di gerai ritel di seluruh dunia. Dirancang dan diproduksi di 30 kantor di seluruh dunia, barang dagangan Ferrari yang dihiasi dengan logo perusahaan meliputi pakaian, jam tangan, kacamata hitam, sepatu, penutup ponsel, dan, tentu saja, model skala mobil. Dan barang dagangan ini jauh dari kata murah. Model Ferrari F14T yang didambakan pada skala 1:8 berharga $5.400. Kacamata hitam Ferrari dijual dengan harga lebih dari $200. Semuanya bertambah dan membantu menjadikan Ferrari salah satu perusahaan otomotif paling berharga di dunia.

8. Ada Taman Hiburan Ferrari di Abu Dhabi

Dunia Arab yang kaya minyak mencintai Ferrari. Faktanya, lebih banyak Ferrari telah dijual di negara-negara Arab daripada di tempat lain mana pun di Bumi. Mobil-mobil dipuja oleh kelas penguasa Arab yang kaya sebagai simbol mengemudi dan status tertinggi. Jadi tidak mengherankan jika Ferrari membuka taman hiburan pertamanya, yang disebut “Ferrari World” di Abu Dhabi pada tahun 2010. Disebut-sebut sebagai taman hiburan dalam ruangan terbesar di dunia, ia memiliki empat roller coaster, termasuk yang terinspirasi oleh balap F1 yang kebetulan menjadi coaster tercepat di dunia dengan kecepatan hampir 150 mil per jam. Orang yang berusia di atas 21 tahun bahkan dapat mengendarai Ferrari California di jalan-jalan di sekitar Pulau Yas, tempat Ferrari World berada. Ferrari World sekarang sedang dalam proses membangun roller coaster baja paling curam di dunia.

7. Pembalap Ferrari Telah Memenangkan Lebih dari 5.000 Balapan Profesional

Ferrari dimulai sebagai perusahaan yang memproduksi sejumlah kecil mobil balap profesional, dan telah mempertahankan warisan itu sepanjang sejarahnya. Sejak kemenangan balapan profesional pertamanya pada tahun 1947, Ferrari telah membawa pulang lebih dari 5.000 trofi selama beberapa dekade. Kemenangan gabungan itu termasuk 15 gelar dunia Formula Satu, 16 gelar dunia konstruktor Formula Satu, 14 gelar dunia Produsen Mobil Sport, sembilan kemenangan di Le Mans, delapan di Mille Miglia, tujuh di Targa Florio, dan 216 Grand Prix Formula Satu. kemenangan. Jelas perusahaan telah menghasilkan serangkaian mobil balap yang unggul selama bertahun-tahun. Mereka juga telah berhasil merekrut pengemudi top untuk menangani mesin mereka.

6. Start Ferrari Tertunda oleh Perang Dunia II

Enzo Ferrari selalu ambisius dan bermimpi untuk memulai perusahaannya sendiri, bahkan sejak usia muda. Setelah memulai karir balapnya sebagai pembalap untuk Costruzioni Meccaniche Nazionali pada tahun 1919, ia dengan cepat melompat ke Alfa Romeo, di mana ia akan ditunjuk sebagai kepala divisi balap Alfa Corse. Pada tahun 1939, Enzo Ferrari akhirnya memiliki sumber daya dan kepercayaan diri untuk memulai sendiri dan mulai membangun mobilnya sendiri (meskipun ia harus setuju untuk tidak menggunakan nama “Ferrari” selama empat tahun sebagai syarat pembebasannya dari Alfa Romeo) . Pada tahun 1940, Enzo Ferrari memproduksi dua mobil 815 Auto Avio Costruzioni, meskipun kendaraan ini bukan Ferrari resmi. Peluncuran penuh Ferrari tertunda oleh pecahnya Perang Dunia II. Faktanya, pabrik Ferrari di Maranello, Italia dibom oleh pasukan Sekutu pada tahun 1944 dan lagi pada tahun 1945. 

5. Hanya Dua Model Ferrari Pertama Yang Diproduksi

Sementara Ferrari pertama, 125 S, langsung menoleh ketika dirilis, perusahaan tersebut tidak benar-benar mulai memproduksi mobil secara massal pada saat itu. Hanya dua 125 S Ferrari yang pernah diproduksi pada tahun 1947. Mobil tersebut melakukan debut kompetitifnya di Sirkuit Piacenza tahun itu, dikendarai oleh Franco Cortese. Enzo Ferrari kemudian menyebut balapan itu “kegagalan yang menjanjikan” setelah masalah pompa bahan bakar memaksa tim Ferrari untuk meninggalkan balapan saat mereka memimpin. Terlepas dari debut balap yang tidak menguntungkan, dan fakta bahwa hanya dua Ferrari 125S yang diproduksi, mobil ini tetap menjadi legenda. Ia memenangkan Grand Prix Roma kemudian pada tahun 1947 dan kemudian memenangkan total enam kemenangan dalam total 13 balapan. Sayangnya untuk sejarawan mobil (dan kita semua), dua Ferrari 125 S yang diproduksi tidak dilestarikan.

4. Enzo Ferrari Tetap Dekat dengan Kampung Halamannya

Enzo Ferrari lahir di Modena, Italia pada tahun 1898. Dan meskipun ia membangun merek Ferrari menjadi raksasa dan berkeliling dunia dengan tim balapnya, ia tetap sangat dekat dengan kampung halamannya di Modena dan Maranello di dekatnya, Italia. Pabrik manufaktur Ferrari asli berada di Modena, tempat Enzo Ferrari tinggal sepanjang hidupnya. Saat ini, kantor pusat global Ferrari berada sangat dekat dengan Maranello (gambar di bawah), di mana terdapat juga museum Ferrari yang berfokus pada mobil perusahaan serta merek globalnya. Untuk penduduk Modena dan Maranello, Ferrari membantu menempatkan mereka di peta. Saat ini, orang-orang dari seluruh dunia mengunjungi lokasi-lokasi Italia tersebut hanya untuk melihat operasi dan museum Ferrari.

3. Fiat Memiliki Sebagian Besar Ferrari

Ferrari bukan lagi bisnis yang dikendalikan keluarga. Pada tahun 1969, Enzo Ferrari menjual 50 persen dari perusahaan yang dimilikinya secara langsung kepada saingan pembuat mobil Italia, Fiat Group. Kesepakatan itu memberi Ferrari suntikan uang tunai yang sangat dibutuhkan. Tepat sebelum kematiannya pada tahun 1988, Enzo Ferrari dan putranya Piero Ferrari menjual lebih banyak lagi perusahaan, hanya mempertahankan 10 persen kepemilikan untuk keluarga Ferrari. Menurut pengajuan baru-baru ini dengan Komisi Sekuritas dan Bursa AS, perusahaan induk Ferrari sekarang dikenal sebagai Fiat Chrysler Automobiles. Saat ini, keluarga Ferrari menerima sangat sedikit hasil dari semua penjualan Ferrari dan barang dagangan bermerek, yang bernilai miliaran dolar per tahun.

2. Logo Ferrari Terinspirasi oleh Flying Ace Perang Dunia I

Kuda jingkrak yang merupakan logo ikon Ferrari sebenarnya adalah anggukan dari jagoan terbang Perang Dunia I Italia Francesco Baracca, yang meninggal dalam aksi pada tahun 1918. Pada tahun 1923, Enzo Ferrari bertemu dengan Count dan Countess Baracca, orang tua dari pilot Perang Dunia I yang terkenal. , setelah balapan. Legenda mengatakan bahwa orang tua Baracca menyarankan agar Ferrari mengadopsi logo “kuda jingkrak” putra mereka yang telah dicat di sisi pesawatnya untuk tim balapnya yang masih muda, dilaporkan mengatakan itu akan membawa keberuntungan bagi Enzo Ferrari. Sembilan tahun kemudian, Alfa Romeo (tim yang diikuti Enzo) mengizinkan Ferrari untuk memasang logo di mobilnya untuk balapan Spa 24 Jam 1932, setelah Enzo berulang kali mengganggu para eksekutif tentang hal itu. Sebuah perisai kuning ditambahkan ke logo untuk menghormati kampung halaman Enzo di Modena, Italia.

1. Anda Dapat Menyesuaikan Setiap Elemen Ferrari

Sebagian besar kesuksesan Ferrari sebagai perusahaan mobil berasal dari kustomisasinya. Pemilik mobil sport ikonik suka bahwa mereka dapat menyesuaikan elemen apa pun dari Ferrari yang mereka beli. Dan yang kami maksud adalah elemen apa pun. Program “Tailor Made” perusahaan memungkinkan pembeli untuk mempersonalisasi setiap komponen Ferrari. Pengalaman ini terjadi di pabrik Ferrari di Maranello, Italia, di mana pembeli dapat memilih segalanya mulai dari trim interior dan finishing, hingga berbagai aksesori dan tapak ban. Setelah pembeli membuat semua pilihan ini, mereka dapat mengharapkan waktu hingga dua tahun untuk menerima mobil kustom mereka. Selebriti terkenal seperti musisi Eric Clapton dan pegolf Ian Poulter telah menciptakan Ferrari mereka sendiri yang dirancang khusus, seperti halnya banyak orang kaya lainnya yang memiliki uang ekstra.