Berikut Jurusan IPA yang Sepi Peminat Tapi Memiliki Peluang Kerja Besar

Lulus dari jurusan IPA dan bersiap melanjutkan kuliah ke jenjang berikutnya biasanya bingung akan memilih kuliah apa. Anak IPA lebih beberapa memiliki peluang jurusan bahkan jurusan IPA yang sepi peminat tapi peluang kerja besar. Pilihan jurusan  yang ada ini juga akan menentukan arah selanjutnya ketika lulus kuliah tentunya bersama berbagai peluang saat ini.

5 Jurusan IPA yang Sepi Peminat Tapi Peluang Kerja Besar

1. Oseanografi

Buat yang menyukai bersama laut dan dunia yang ada didalamnya, cobalah untuk ambil jurusan Oseanografi. Pada jurusan ini akan diajak belajar tentang kelautan, samudra, ekosistem air bahkan belajar tentang organisme yang ada di laut.

Hal ini sangat menyenangkan untuk dipelajari dan menghasilkan beberapa pengalaman seputar kelautan. Apalagi buat yang tinggal di Indonesia, peluang jadi ahli Oseanografi terbuka lebar, kenapa?

Pasalnya Indonesia merupakan negara kelautan. Dimana beberapa dibutuhkan ahli-ahli yang akan mengelola kekayaan laut yang ada di Indonesia. Perusahaan-perusahaan besar yang bergerak di bidang kelautan juga dapat jadi peluang kerja Oseanografi setelah lulus kuliah.

2. Astronomi

Apabila tadi ada jurusan IPA yang sepi peminat tapi peluang kerja besar di bidang kelautan. Maka ada pula yang fokus pada bidang luar angkasa, dimana semesta ini dipelajari bersama menyeluruh. Adalah jurusan astronomi, yang mempelajari seputar ilmu antariksa, fisika, hingga matematika.

Tentunya akan memiliki hal seru lainnya seperti mengamati bintang, galaksi dan benda langit lainnya. Lampau bagaimana bersama prospek kerja jurusan astronomi ini? Eksis beberapa tempat yang membutuhkan ahli astronomi. Seperti, BMKG, badan observatorium, NASa bahkan dapat berkesempatan jadi Astronot, menarik bukan?

Buat dapat mengambil jurusan astronomi ini dapat ke Institut Teknologi Bandung (ITB). Dimana kampus tersebut merupakan satu-satunya kampus bersama jurusan astronomi yang ada di Asia Tenggara.

3. Kehutanan

Jurusan ilmu kesehatan sangat relevan bersama kondisi Indonesia yang beberapa hutan serta dapat melestarikan hutan yang ada. Saat jadi mahasiswa kehutanan aka nada beberapa ilmu yang dapat dipelajari, bagaimana mengenal hutan.  Pengelolaan sumber daya alam hutan serta memahami berbagai macam hutan yang ada di Indonesia.

Bapak Presiden Joko Widodo bahkan merupakan  bagian dari lulusan jurusan kehutanan UGM,keren kan? Jadi mahasiswa kehutanan memiliki beberapa peluang kerja, misalnya di pemerintahan, perusahaan sawit dan sebagainya. Oleh karena itu, jangan khawatir untuk tidak dapat peluang, justru dapat menyelamatkan hutan Indonesia bersama berbagai kebijakan lainnya.

4. Ilmu Perpustakaan

Kegemaran baca buku dan suka bersama dunia literasi? Tak ada salahnya memilih jurusan ilmu perpustakaan. Jurusan IPA yang sepi peminat tapi peluang kerja besar bidang perpustakaan ini dapat jadi pilihan. Memahami seluk beluk administrasi buku, kearsipan dan berbagai ilmu penunjang lainnya di perpustakaan.

Saat ini, Indonesia sedang mengembangkan minat baca, beberapa pula perpustakaan daerah yang menjadi jembatannya. Maka buat yang ambil jurusan ilmu perpustakaan ini dapat turut andil sebagai pustakawan.  Coba untuk memilih beberapa universitas terkenal ini yang ada jurusan perpustakaan seperti UI, UIN, UGM, UNDIP, dan sebagainya.

5. Teknobiomedik

Dunia medis serta kesehatan yang ada saat ini tidak hanya dokter saja, tapi juga tenaga lainnya. Salah satunya teknobiobedik yang tugasnya menganalisa, menangani teknik dan prosedur kesehatan. Juga mendiagnosis pada instrument kesehatan dan rekayasa medis yang dilakukan. Jadi kalau berminat di dunia kesehata dan hobi meneliti maka Teknobiomedic ini dapat jadi pilihan jurusan.

Buat dapat mengambil kesempatan jurusan tersebut, ada UNAIR sebagai salah satu jurusan teknobiomedik di Indonesia.

Jadi itulah beberapa jurusan IPA yang sepi peminat tapi peluang kerja besar dapat dipilih setelah lulus SMA. Selalu beberapa peluang buat yang bekerja keras dan bersungguh-sungguh dalam mempelajari beragam ilmu.

Bersiaplah untuk menjadi seorang ahli pada bidang tertentu untuk berdedikasi pada Indonesia.