Kenali 5 Hewan yang Punya Sikap Pendendam

Dendam merupakan salah satu sifat yang umum dimiliki oleh manusia. Sikap ini menjadi salah satu yang sebetulnya tak boleh dimiliki, namun, mungkin saja terjadi secara natural. Biasanya orang yang pendendam akan merasa tidak terima apabila diperlakukan secara tidak baik sehingga menuntut pembalasan atas hal tersebut.

Rupanya, tidak manusia saja yang berpotensi melakukan dendam. Hewan pun juga dapat memiliki sifat negatif yang satu ini. Dari sekian banyak hewan, ada beberapa hewan yang diklasifikasikan sebagai sosok yang pendendam bila diperlakukan bersama tidak baik.

Yuk, intip hewan apa saja yang memiliki sifat pendendam!

1. Burung gagak

5 Hewan yang Ternyata Punya Sikap Pendendam, Hati-hati!
ilustrasi burung gagak (unsplash.com/@tylerdq)

Beberapa orang tentu sudah cukup kenal hewan yang satu ini. Jenis burung berwarna hitam ini memang identik bersama kesan mistisnya tersendiri.

Terlepas dari kesan mistis yang dimiliki burung gagak, dikutip dari Trubus Online ternyata burung ini termasuk ke dalam salah satu hewan pendendam. Dilansir News 18, seorang pria di Madhya Pradesh menjadi sasaran para burung gagak setiap kali ia keluar dari rumah. Hal tersebut membuatnya harus membawa tongkat stik untuk melindungi diri.

Rupanya hal ini bermula sejak 3 tahun yang lalu disaat pria tersebut tak sengaja menemukan anak burung gagak yang tersangkut di rumahnya. Namun naas, anak burung gagak tersebut mati di tangannya. Burung gagak yang memiliki ingatan kuat terhadap serta dapat mengenali wajah seseorang dengan baik pun membalaskan dendam mereka kepada pria tersebut.

2. Anjing

5 Hewan yang Ternyata Punya Sikap Pendendam, Hati-hati!
ilustrasi melatih anjing (unsplash.com/@ilovethatforyou)

Anjing juga dikenal sebagai salah satu hewan yang beberapa dipilih sebagai peliharaan. Meski begitu, hewan ini termasuk sebagai salah satu hewan yang juga dapat menyimpan dendam pada seseorang yang menyakitinya.

Anjing yang sering mengalami tindakan kasar akan membentuk karakter dan reaksi yang sama ketika ia melihat hal yang dapat mengingatkannya kembali akan perlakuan tersebut. Tak heran jika anjing yang diperlakukan kasar atau brutal cenderung menjadi mudah menggonggong atau bertindak tak mau diam pada saat melihat sesuatu yang membuat mereka takut.

3. Gurita

5 Hewan yang Ternyata Punya Sikap Pendendam, Hati-hati!
ilustrasi gurita (unsplash.com/@isagalvezphoto)

Gurita dikenal sebagai hewan yang lezat untuk dikonsumsi. Namun rupanya, hewan bertentakel ini pun termasuk ke dalam jajaran hewan bersama karakter pendendam. Dilansir Tree Hugger, gurita memiliki kebiasaan khusus yang cenderung pasif dan pemalu. Hal ini membuat gurita akan betah berlama-lama bersembunyi di lubang sampai menemukan targetnya.

Meski begitu, pernah ada kejadian langka yang terjadi pada sebuah penangkaran di Boston, Amerika Serikat. Seekor gurita dendam terhadap salah satu pegawai sukarela yang ada di sana. Hal ini dibuktikan dari kebiasaannya untuk menyempotkan air atau tinta setiap kali dia melihat si pegawai tersebut.

4. Harimau

5 Hewan yang Ternyata Punya Sikap Pendendam, Hati-hati!
ilustrasi harimau (unsplash.com/@artisan_100)

Ngebahas mengenai hewan agresif yang penuh bersama keberanian, rasanya tak lengkap kalau kita melewatkan harimau. Hewan yang satu ini juga sangat terkenal bersama sikapnya yang buas dan tak segan menerkam mangsanya begitu saja.

Dilansir The Hunting Page, harimau memiliki karakter yang sangat agresif dan menjadi hewan paling pendendam. Bahkan, harimau dapat mengingat para pemburu yang secara aktif menargetkan diri mereka sebagai buruan.

5. Unta

5 Hewan yang Ternyata Punya Sikap Pendendam, Hati-hati!
ilustrasi unta (unsplash.com/@wolfgang_hasselmann)

Di balik keramahan yang ditunjukan oleh seekor unta, ternyata hewan ini juga termasuk pendendam. Dilansir Allafrica, kejadian tak mengenakan terjadi di Sudan saat unta yang punya karakter sensitif ini menyerang pemiliknya sendiri.

Hal ini yang membuat para pemilik unta harus ekstra memerhatikan hewan peliharaannya agar tidak memperlakukan secara berlebihan.

Tentunya semua hewan berpotensi melakukan tindakan yang sama. Meski tidak secara murni diidentifikasikan sebagai sikap pendendam, karakter-karakter negatif tersebut akan muncul jika merasa tak aman dan diperlakukan dengan cara buruk. Kuncinya adalah jangan sampai bertindak semena-mena bersama hewan apapun, ya!