Gambar Lapangan Sepakbola Beserta Ukurannya

Setiap even besar semacam ini, lapangan bola yang bagus, acap menjadi perhatian para pecintanya, di belahan dunia lain. Kali ini kami menyajikan tentang lapangan bola.

Federas sepak bola dunia alias FIFA sudah menentukan ukuran lapangan sepakbola berstandar internasional. Rinciannya, panjang lapangan sepakbola minimum 100 meter dan maksimum 110 meter serta lebar lapangan sepakbola minimum 64 meter dan maksimum 75 meter.

Lapangan Sepak Bola

• Ukuran Lapangan Sepak Bola Standar Umum (Nasional)

Dilihat dari bentuknya, lapangan sepakbola berbentuk persegi panjang dengan ditandai garis dan bendera yang dipasang pada tiang dengan tinggi tidak kurang dari 1,5 m dengan ujung yang tidak lancip di setiap sudut lapangan.

Tiang-tiang bendera mungkin juga ditempatkan berlawanan pada garis tengah di setiap sisi lapangan, paling tidak 1 m dari garis sisi.

Adapun gambar dan ukuran lapangan sepakbola adalah sebagai berikut:

Keterangan ukuran lapangan sepakbola:
– Panjang: 90 meter sampai 120 meter
– Lebar: 45 meter sampai 90 meter
– Ukuran radius lingkaran tengah: 9,15 meter
– Diameter lingkaran tengah: 18,30 meter
– Panjang ukuran kotak kiper: 18,3 meter
– Lebar ukuran kotak kiper: 5,5 meter
– Panjang ukuran kotak penalti: 39,2 meter.
– Lebar ukuran kotak penalti: 16,5 meter.
– Panjang Gawang: 7,32 meter.
– Tinggi Gawang: 2,44 meter.
– Jarak Titik penalti dari garis gawang: 11 meter.
– Ukuran Bola yang Biasa Digunakan di Lapangan Sepakbola

Foto via skyscrapercity.com

Dalam lapangan sepakbola biasanya digunakan bola yang memiliki ukuran dengan rincian sebagai berikut:
1) Berat bola : 396-453 gram
2) Lingkaran bola: 68-71 cm

Foto Internet

– Jenis Rumput Lapangan Sepakbola

Adapun jenis rumput yang cocok untuk dipakai untuk lapangan sepakbola, dikutip dari laman resmi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), di antaranya:

– Zoysia matrella (ZM)

Rumput ini merupakan jenis rumput yang paling baik untuk digunakan sebagai rumput lapangan sepakbola dan memiliki warna hijau yang paling pekat diantara dua jenis lain.

Tingkat elastisitas (berhubungan dengan bola bergelinding) dan kekuatan akar sangat baik. Tekstur rumput dengan daun yang runcing dan rigiditas yang rapat memastikan bahwa rumput aman terkena pul sepatu.

– Cynodon dactylon (CD)

Rumput jenis CD, biasa disebut rumput bermuda. Kualitasnya hampir sama dengan ZM, namun kekuatan akar rumput CD tidak sekuat rumput ZM. Akar rumput CD akan mudah terkelupas ketika terinjak-injak pemain.

– Axonopus compressus (AC)

Rumput jenis AC, atau sering disebut dengan rumput gajah sering ditemukan di taman atau alun-alun. Rumput ini memiliki perakaran yang baik, namun bentuk daunnya lebih lebar jika dibandingkan dengan dua jenis sebelumnya. Hal ini akan menyebabkan rumput menjadi lebih mudah rusak karena terkena pul sepatu.