Mengenal dan Mengetahui Properti Tari Piring Adalah Apa

Properti tari piring adalah barang-barang atau peralatan yang dibutuhkan untuk menampilkan pertunjukan Tari Piring. Banyak orang yang kurang mengetahui, kira-kira properti apa saja yang harus disiapkan dalam mementaskan pertunjukan ini.

Padahal, properti-properti dari tarian ini cukup banyak dan wajib untuk disertakan untuk melengkapi pertunjukan. Karena itu, sebelum mempelajari tari tradisional Indonesia ini lebih lanjut. Ada baiknya untuk mengenal dulu mengenai tari ini dan properti yang dibutuhkan.

Mengenal Tari Piring Sebagai Tari Tradisional

Jika dibandingkan dengan ragam tari tradisional yang lain, Tari Piring terbilang salah satu yang paling populer. Tari ini seringkali dibawakan pada acara-acara besar bahkan sampai acara kenegaraan yang diadakan di tingkat internasional.

Sesuai dengan nama tariannya, tarian ini memiliki ciri khas properti piring. Jadi, setiap gerakan yang dilakukan para penari akan melibatkan properti piring ini. Hal inilah yang menjadi salah satu aspek tarian ini menjadi begitu unik.

Ada berbagai jenis dan ragam dari tari piring di seluruh bagian Negara Indonesia. Namun, kesenian dan tarian ini banyak ditemukan di Pulau Sumatera. Salah satu, ragam tari piring yang paling populer adalah yang berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat.

Pada berbagai acara resmi di daerah ini, tari piring sering kali dibawakan dan dipentaskan. Misalnya, pada acara pernikahan, pergelaran seni, bahkan sampai acara adat masyarakat Minangkabau yang cukup sakral.

Hal ini membuktikan, walaupun unik dan terkesan bisa dibawakan sebagai hiburan. Tari piring memiliki makna yang dalam bagi masyarakat asalnya.

Properti Tari Piring Adalah

Properti Tari Piring Adalah yang Paling Wajib Untuk Digunakan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada berbagai properti yang digunakan untuk melengkapi pertunjukan tari piring ini. Pertunjukan tari piring tidak akan lengkap jika tidak menggunakan properti-properti ini. Karena itu, properti ini wajib hukumnya untuk digunakan oleh penari.

Sebenarnya properti apa saja yang harus digunakan dalam pertunjukan tari piring ini. Berikut adalah berbagai properti wajib yang harus dibawa dan digunakan pada saat menarikan tari piring pada pentas.

1. Piring Pipih Untuk Menari

Properti tari piring adalah piring itu sendiri yang merupakan properti yang paling penting. Seperti yang disebutkan sebelumnya, sesuai dengan nama tariannya, para penari akan membawa piring ketika menarikan gerakan di atas pentas.

Properti piring yang digunakan dalam tarian ini bukanlah piring sembarang. Piring yang digunakan untuk menari memiliki bentuk dan ukuran yang khusus. Jadi, lebih sesuai ketika digerakan dan digunakan untuk menari oleh para penari di atas panggung.

Umumnya properti piring ini berukuran sedang, lebih pipih dibandingkan piring lainnya, kemudian dibuat dari keramik. Alasan mengapa piring ini terbuat dari keramik adalah agar tidak terlalu sulit untuk dipecahkan.

Karena pada bagian akhir, akan ada gerakan di mana para penari akan memecahkan piring yang dibawa. Kemudian, menari di atas pecahan piring yang sudah dibawa tadi.

Baca juga: Mengenal Tari Topeng Berasal dari Cirebon, Permainan Watak

2. Baju Kurung Sebagai Kostum Khusus

Properti selanjutnya yang digunakan untuk penampilan tari piring adalah baju kurung. Baju kurung memang kostum khusus yang digunakan oleh para penari tari piring. Busana ini terbuat dari bahan beludru dan kadang dikombinasikan dengan kain satin.

Busana tari piring satu ini sangat khas dengan motif yang cerah dan menonjol. Motif yang biasa digunakan seperti motif bunga-bunga dan bordiran burung yang cantik. Warna yang digunakan juga warna yang cerah dan menonjol.

Misalnya warna emas atau merah yang menyala. Baju kurung juga dilengkapi dengan kain kodek. Bentuk kain ini mengingatkan penggunanya dengan bentuk sarung. Kain ini juga memiliki warna yang cerah seperti warna emas. Warna yang melambangkan kebijaksanaan.

3. Selendang Pada Bagian Pinggang

Walaupun properti tari piring adalah piring yang menjadi fokus utamanya. Namun, para penari juga menggunakan properti lain dalam memperindah gerakannya. Salah satu properti ang digunakan adalah properti selendang.

Selendang biasanya digunakan pada bagian pinggang para penari. Hal ini agar selendang mudah dilambaikan ketika para penari melakukan gerakan tertentu. Apalagi, pada bagian akhir setelah piring sudah dipecahkan.

Selendang akan menjadi properti yang membantu para penari menonjolkan keanggunannya. Selain itu, selendang biasanya akan dipasang melingkar terlebih dahulu pada bagian atas bahu baru ke bagian pinggang. Tujuannya untuk estetika dan agar selendang tidak mudah lepas.

4. Ikat Pinggang

Ikat pinggang juga merupakan properti yang sangat penting untuk penari tari piring. Ikat pinggang digunakan bukan hanya untuk melengkapi penampilan busana penari saja. Ikat pinggang sangat dibutuhkan untuk mengencangkan pakaian yang di bagian bawah.

Apalagi, pada saat melakukan pertunjukan para penari dipastikan akan banyak bergerak. Bagian bawah busana bisa saja melorot tanpa disadari oleh para penari. Karena itu, dibutuhkan ikat pinggang untuk memastikan bagian bawah pakaian tidak akan melorot.

Walaupun begitu, penampilan ikat pinggang juga harus diperhatikan agar tidak merusak tampilan busana yang digunakan penari. Karena itu, biasanya warna ikat pinggang disesuaikan dengan warna busana yang digunakan oleh para penari.

5. Kalung Gadang dengan Bentuk yang Khas

Properti tari piring adalah kalung gadang yang merupakan salah satu properti yang khas. Kalung ini disebut kalung gadang karena memang bentuknya menyerupai rumah gadang. Rumah gadang sendiri merupakan bangunan rumah tradisional khas Minang.

Kalung ini biasanya terdiri atas beberapa untaian lempengan emas. Lempengan ini dibentuk persegi maupun setengah lingkaran. Polanya mengikuti bentuk yang sering ditemukan pada desain rumah gadang.

Tidak jarang, pada bagian ujung untaian terdapat bentuk rumah gadang utuh. Hal ini membuat bentuk kalung ini semakin menonjol.

6. Tikuluak Tanduk yang Khas

Tikuluak tanduk adalah penutup kepala khas Minang yang banyak digunakan oleh wanita dalam baju tradisionalnya. Properti dalam tari piring memang hanya digunakan oleh para penari wanitanya saja.

Penutup kepala ini terbuat dari selendang panjang yang terbuat dari bahan kain yang cukup tebal. Kemudian, kain ini dililitkan ke kepala, bentuknya dikreasikan agar menyerupai tandu dengan dua ujung di bagian kanan dan kiri.

Bentuk ini memang sengaja dibuat agar menyerupai tanduk kerbau. Selain digunakan sebagai aksesori tari piring. Tikuluak Tanduk juga digunakan sebagai bagian dari busana pengantin di tradisi Minang.

7. BerbagaI Alat Musik Tradisional

Walaupun sekarang ada teknologi audio untuk menyalakan rekaman musik iringan untuk tari piring. Namun, tari piring yang sesungguhnya memang tidak akan lengkap tanpa iringan berbagai alat musik tradisional.

Properti tari piring adalah alat musik tradisional yang menjadi salah satunya. Tari piring yang sebenarnya memang membutuhkan iringan musik asli yang dimainkan dari alat musiknya langsung.

Berbagai alat musik khas yang dibutuhkan seperti rebab, bansi, saruni, dan juga saluang. Jika tidak diiringi dengan properti tersebut pastinya rasanya ada yang kurang.

Itulah informasi mengenai properti tari piring adalah apa saja. Dengan mengenal dan mengetahui properti apa saja yang dibutuhkan. Para pembaca lebih dalam mengenal tari tradisional satu ini.