Biografi

Biografi Ustadz Abdullah Zaen

Dalam perjalanan intelektualnya, Ustadz Abdullah Zaen, Lc., M.A., telah mengukir namanya sebagai seorang cendekiawan muslim yang mendalam dalam bidang aqidah dan fikih dakwah. Lulusan S-2 jurusan Aqidah dari Universitas Islam Madinah ini membawa warisan pengetahuan yang kaya dari para ulama terkemuka. Sejak masa sekolah dasar hingga meraih gelar master, Ustadz Abdullah Zaen menunjukkan dedikasi tinggi terhadap pendidikan formalnya, dan di samping itu, beliau meresapi ilmu non-formal dari berbagai kitab di bawah bimbingan ulama terkemuka.

Kemahirannya dalam memahami dan mengajarkan kitab-kitab klasik Islam tercermin dalam kajian-kajian dan kuliah agama yang sering beliau sampaikan, yang dominan mengusung tema-tema aqidah dan fikih dakwah. Kiprahnya tidak hanya terbatas pada dunia pendidikan formal, tetapi juga meluas ke dunia tulis-menulis dengan berbagai karya ilmiah, buku, makalah, dan terjemahan, yang semuanya merangkum kekayaan pemikiran dan pemahaman Islam Ustadz Abdullah Zaen. Melalui perpaduan ilmu formal, pengalaman belajar non-formal, dan kontribusi karyanya, Ustadz Abdullah Zaen menjadi pionir yang menerangi jalan pemahaman Islam yang kokoh dan mendalam.

Baca juga: Biografi Ustadz Zainal Abidin

Pendidikan Formal

Riwayat pendidikan formal Ustadz Abdullah Zaen mencakup perjalanan pendidikan dari tingkat dasar hingga tingkat S-2:

  • 1985: TK Pertiwi Banyumas, Jawa Tengah
  • 1986-1992: SD Kejawar I Banyumas, Jawa Tengah
  • 1993: Pondok Modern ar-Risalah Slahung Ponorogo, Jawa Timur
  • 1994-1998: Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo, Jawa Timur
  • 1999: Fakultas Syari’ah Institut Studi Islam Darussalam Gontor
  • 2000: Ma’had Lughah Islamic University of Medina (IUM) KSA
  • 2001-2004: S1 Fakultas Hadits dan Dirasat Islamiyah IUM (Cumlaude)
  • 2005-2009: S2 Jurusan Aqidah IUM (Cumlaude)

Pendidikan Non-Formal

Pendidikan non-formal Ustadz Abdullah Zaen, Lc., M.A., menjadi landasan yang tak kalah penting dalam perjalanan intelektualnya. Antara tahun 2000 hingga 2009, beliau mengukir perjalanan belajar yang mendalam melalui bimbingan beberapa ulama terkemuka. Di bawah arahan Syaikh Abdul Muhsin bin Hamd al-‘Abbâd, beliau membahas kitab Sunan Abi Dâwûd, sebagian dari Sunan at-Tirmidzi, al-Arba’în an-Nawawiyyah, dan sebagian dari Sunan Ibn Mâjah. Begitu juga dengan ulama lainnya seperti Syaikh Prof. Dr. Ibrahim bin ‘Âmir ar-Ruhaili, Syaikh. Prof. Dr. Abdurrazzaq bin Abdul Muhsin al-‘Abbâd, dan lainnya.

Ketekunan Ustadz Abdullah Zaen dalam memahami kitab-kitab klasik mencakup berbagai bidang ilmu, seperti hadits, aqidah, dan fikih. Beliau meresapi ajaran Islam dari sumber-sumber asli dengan mendalam, memberikan dimensi yang kaya dan komprehensif pada pemahamannya. Pendidikan non-formal ini bukan hanya menjadikan Ustadz Abdullah Zaen sebagai penjaga warisan ilmiah, tetapi juga mengasah keterampilan dan wawasannya dalam menyampaikan ajaran Islam secara mendalam dan autentik. Dengan demikian, pendidikan non-formal menjadi pilar yang mengokohkan Ustadz Abdullah Zaen sebagai intelektual yang mendalam dalam tradisi keilmuan Islam.

Karya Ilmiah dan Buku

Ustadz Abdullah Zaen, Lc., M.A., tidak hanya menorehkan kepiawaiannya dalam pendidikan formal dan non-formal, tetapi juga mengukir namanya dalam dunia penerbitan dengan berbagai karya ilmiah dan buku yang memikat hati pembaca.

Beberapa karya tulisnya dalam bahasa Indonesia mencakup buku seperti “Imam Syafi’i Menggugat Syirik, Pembelaan Imam Syafi’i dan Para Pengikutnya terhadap Tauhid” (2007) dan “14 Contoh Praktek Hikmah dalam Berdakwah” (2007). Kedua buku ini bukan hanya sekadar rangkuman ilmu, melainkan juga merupakan upaya mendalam untuk membuka wawasan umat Islam terhadap aqidah dan hikmah dakwah.

Tak hanya sebagai penulis, Ustadz Abdullah Zaen juga memberikan kontribusi berharga melalui terjemahan dan editan, seperti terjemahan dari karya-karya ulama terkemuka seperti Syaikh Prof. Dr. Abdurrazzaq bin Abdul Muhsin al-‘Abbâd al-Badr dan Syaikh Abdullah as-Salafy. Karya-karya terjemahannya, seperti “Untaian Mutiara Khutbah dan Nasehat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di Haji Wada’” dan “Pancaran Nilai-nilai Keimanan dalam Ibadah Haji”, memperkaya literatur keislaman dalam bahasa Indonesia.

Dengan berbagai karya ilmiah dan buku tersebut, Ustadz Abdullah Zaen tidak hanya menjadi penjaga tradisi keilmuan Islam, tetapi juga menjadi penyebar cahaya pencerahan Islam bagi masyarakat luas. Kontribusinya dalam dunia tulis-menulis bukan hanya sebagai bentuk literasi, melainkan juga sebagai medium dakwah yang membangun pemahaman yang mendalam dan meresap dalam kehidupan umat Islam.

Baca juga: Biografi Ustadz Fatih Karim

Makalah dan Karya Tulis

Ustadz Abdullah Zaen, Lc., M.A., tidak hanya menjadi figur ulama yang mengajar dan menulis buku, tetapi juga merintis jejaknya melalui makalah dan karya tulis yang mendalam. Berbagai makalah yang disusunnya mencakup beragam topik, mulai dari menjaga kemurnian Islam hingga pembahasan penting tentang isti’adzah dan basmalah.

Dalam makalahnya yang berjudul “Upaya Menjaga Kemurnian Islam – Menyoal Tahdzîr dan Norma-normanya”, Ustadz Abdullah Zaen menggali isu-isu krusial dalam menjaga keaslian ajaran Islam di tengah arus perubahan zaman. Sementara itu, makalah seperti “Perpustakaan Pak Ustadz – Daftar Buku-buku Primer bagi Para Da’i” menjadi pedoman berharga bagi mereka yang berkecimpung dalam kegiatan dakwah.

Selain itu, karya tulisnya yang berjudul “Indahnya Islam” menggambarkan kecantikan Islam dalam aspek kehidupan sehari-hari. Ustadz Abdullah Zaen juga mengangkat tema-tema seperti “Berdakwah dengan Akhlak Mulia” dan “Berdakwah dengan Hati”, memperlihatkan pendekatan yang holistik dalam menyampaikan ajaran agama.

Makalah-makalah ini mencerminkan pemikiran kritis dan kepedulian Ustadz Abdullah Zaen terhadap perkembangan dan tantangan zaman. Dengan menyajikan argumen-argumen yang kuat, beliau memberikan kontribusi positif dalam membentuk pandangan umat Islam terhadap isu-isu contemporary. Jejak pemikiran dan kepenulisannya menjadi inspirasi bagi mereka yang ingin lebih mendalam dalam memahami esensi ajaran Islam serta menjawab dinamika zaman dengan kearifan dan kebijaksanaan.

Karya Tulis Berbahasa Arab

Belum diterbitkan, Ustadz Abdullah Zaen memiliki beberapa karya tulis berbahasa Arab yang mencakup tema seperti tahrîk al-ushbu’ fi at-tasyahhud dan manzilah ash-shahâbah bain al-ghulâh wa al-jufâh.

Dengan dedikasi tinggi dalam pendidikan, dakwah, dan penulisan, Ustadz Abdullah Zaen terus memberikan kontribusi berharga bagi pemahaman aqidah dan fikih dalam Islam. Saat ini, beliau aktif mengajar di Pondok Pesantren Tunas Ilmu, Purbalingga, dan sebagai dosen di Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyyah “Imam Syafi’i” Jember. Semoga kiprahnya terus menjadi inspirasi bagi generasi muslim.

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button